Pengetahuan Dasar yang Harus dimiliki Desainer

Bidang komunikasi grafis merupakan bagian dari ilmu seni rupa yang dimanfaatkan untuk berkomunikasi. Karena itu ada beberapa hal menyangkut wawasan, ketrampilan dan kepekaan yang disyaratkan bagi orang yang sebelum masuk dalam bidang ini. Dalam bidang kompetensi Komunikasi Grafis ada hal yang harus dikuasai dahulu sebagai prakondisi sebelum bekerja:

Sikap kerja (Attitude)
bekerja sebagai penunjang bidang komunikasi membutuhkan manusia yang sadar akan tugasnya sebagai pengantar pesan / informasi. Pada tingkat mula telah disadarkan akan tugas yang mementingkan aspek informatif. Pada jenjang yang lebih tinggi dibutuhkan wawasan mengenai teori komunikasi untuk melakukan tugas yang lebih rumit dalam olah visualnya.

Hal ini menyangkut pertimbangan :

1. Misi/message (apa maksud informasi),
2. Khalayak/audience (siapa masyarakat/pelihat yang dituju),
3. Sasaran/objective (apa yangdiharapkan setelah mendapat informasi).

Kerumitan ketiga aspek ini akan berkembang sejalan dengan makin kompleksnya masalah komunikasi yang dihadapi.

Pengetahuan dan ketrampilan (Skill & Knowledge)

Pengetahuan, ketrampilan dan kepekaan olah unsur rupa/desain (line, shape, form, texture, space, tone, colour dst.) serta prinsip desain (harmony, balance, rhythm, contrast, depth dst.). Untuk Desain Grafis disyaratkan penguasaan garida (grid system) dan kolom halaman.

Pengetahuan warna (lingkaran warna, hue, analog, saturation, chromatic dll) dan kepekaan warna, baik additif (cahaya langsung) aupun substraktif (pantulan/pigmen), pengetahuan warna monitor (RGB) dan warna untuk percetakan (CMYK, Spot Colour).

Khusus untuk sub bidang Desain Grafis disyaratkan memiliki pengetahuan dan ketrampilan dalam olah huruf /tipografi: keluarga huruf, kuran huruf, bobot huruf, istilah dalam tipografi, ketrampilan mengolah huruf secara manual (dengan tangan) maupun secara digital (komputer).

Khusus untuk sub bidang ilustrasi disyaratkan memiliki ketrampilan menggambar dan kepekaan pada unsur gambar.

Khusus untuk sub bidang Fotografi disyaratkan memiliki pengetahuan dasar fisika cahaya (lensa dan film), dan kimia foto.

Kreativitas
Bila pada tingkat pelaksana (setingkat juru) ditekankan pentingnya ketrampilan dan kepekaan pada unsur rupa dan warna. Maka pada tingkat yang lebih tinggi (setingkat teknisi hingga ahli) kemampuan kreatif merupakan kunci dalam profesi ini. Bidang komunikasi grafis (dan juga komunikasi visual) menuntut hasil yang bukan hanya benar dan sesuai misi komunikasi yang dibutuhkan, tetapi juga kesegaran dan keunikan gagasan.
Dalam lingkup kreatif demikian seorang ahli bidang ini dihargai.

Comments

  1. Salut buat mas atma... terus bagi ilmu ya..
    Salam,
    Namreh

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Perubahan dan Standarisasi Signage Bank BRI

Mari Belajar Google Sketchup [2]

Mari Belajar Google Sketchup [1]